RSS

All About Server on Debian 4

Jumat, 30 Oktober 2009

Apa itu Server?..

Server adalah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. dengan dilengkapi sistem operasi khusus dengan didukung Processor, RAM, dan spesifikasi lain yang memadai guna mendukung kinerja komputer sebagai server.

Macam - macam Server..




1. DNS Server

DNS ( Domain Name Server ) adalah Server yang berfungsi untuk men-translasi (mengubah) IP addres menjadi sebuah nama host yang lebih mudah diingat atau sebaliknya.

2. DHCP Server
DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah protokol yang dipaki untuk memudahkan pengalokasian alamat ip dalam satu jaringan. jika DHCP server terpasang di dalam sebuah jaringan lokal, maka setiap komputer yang terhubung akan mendapatkan IP Addres secara otomatis dari server tersebut, tanpa harus mensetting secara manual. selain itu, DHCP server juga dapat memberikan parameter jaringan seperti Default Gateway dan DNS Server.

3. SAMBA Server

Samba adalah implementasi dari SMB protocol yaitu protocol yang digunakan oleh sistem operasi MS seperti MS Windows untuk men-sharing file dan printer. Dengan SMB anda bisa mengakses file & printer yang di-share oleh komputer Windows atau men-share file & printer di komputer linux anda.

4.FTP Server

File Transfer Protocol (FTP) adalah protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP.
Dalam FTP harus ada FTP Server dan FTP Client.
FTP Server adalah suatu server yang menjalankan software yang memberikan layanan tukar menukar file dengan selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat request dari FTP client.
FTP Client adalah computer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tukar menukar file. Jika terhubung dengan FTP server, maka client dapat men-download, meng-upload, merename, men-delete, dll sesuai dengan izin yang diberikan oleh FTP server.


5. WEB server

Web server adalah software yang menjadi dasar worl wide web (WWW).
web server menunggu permintaan dari client yang menggunakan browser seperti internet explorer, atau mozilla, dll. jika ada permintaan dari browser maka web server akan memproses permintaan tersebut kemudian memberikan hasil prosesnya kembali ke browser berupa data yang diinginkan

6. MAIL Server

MAIL Server adalah Server yang berfungsi sebagai penyedia jasa layanan pengiriman email. seperti Yahoo, gmail, dll.

7. PROXY Server

PROXY Server adalah sebuah server pada jaringan komputer yang memberikan pelayanan pada komputer client untuk dapat melakukan koneksi tidak langsung (indirect connection) dengan jaringan yang lainnya.


Untuk cara mensetting atau mengkonfigurasi pada tiap server diatas, akan saya bahas next time.. thanks.. semoga bermanfaat..



Sumber : google.com








0 komentar: