RSS

URN ( Uniform Resource Name )

Selasa, 29 Desember 2009

adalah Uniform Resource Identifier (URI) yang menggunakan skema guci, dan tidak menyiratkan diidentifikasi ketersediaan sumber daya. Kedua guci (nama) dan URL (pencari) adalah URI, dan URI tertentu mungkin nama dan pelacak pada waktu yang sama.

Persyaratan Fungsional Uniform Resource Nama dijelaskan dalam RFC 1737. The guci merupakan bagian dari arsitektur informasi Internet yang lebih besar yang terdiri dari guci, Uniform Resource Karakteristik (URCs), dan Uniform Resource Locators (URL). Masing-masing memainkan peran spesifik:


* Guci yang digunakan untuk identifikasi,
* URCs untuk termasuk informasi meta.
* URL untuk mencari atau menemukan sumber daya.

RFC 2141 ( "URN Sintaks") mengatakan:

Uniform Resource Nama (guci) yang dimaksudkan sebagai gigih, lokasi-pengidentifikasi sumber daya independen dan dirancang untuk memudahkan untuk memetakan ruang nama lain (yang memiliki sifat-sifat guci) ke URN-ruang. Oleh karena itu, sintaks URN menyediakan sarana untuk menyandikan data karakter dalam bentuk yang dapat dikirim dalam protokol yang ada, transkripsi pada kebanyakan keyboard, dll

Perlu dicatat bahwa, sebagaimana dinyatakan dalam RFC 3986 ( "Uniform Resource Identifier Generic Syntax"),

Istilah "Uniform Resource Name" (URN) sejarah telah digunakan untuk merujuk kepada kedua URI bawah "guci" skema (RFC 2141), yang dibutuhkan untuk tetap global yang unik dan terus-menerus bahkan ketika sumber daya akan hilang atau menjadi tidak tersedia, dan URI lainnya dengan sifat-sifat sebuah nama.




0 komentar: